Ciri Ciri Orang Sukse


Memiliki impian yang besar

Ada kutipan bijak yang sangat menarik: “If people aren’t laughing at your dreams, your dreams are not big enough.” Kira-kira kutipan itu ingin mengatakan bahwa ketika orang-orang tidak menertawakan mimpi anda, maka mimpi anda itu tidak cukup besar. Tidak seperti jenis-jenis investasi yang mengandung risiko, memiliki impian sama sekali tidak mengandung risiko. Oleh sebab itu bermimpilah setinggi-tingginnya, sebesar-besarnya, hingga orang yang mendengarkan mimpi anda itu sampai berpikiran bahwa tidak mungkin akan terjadi. Apa artinya impian besar? Impian besar yang terus menerus dihidupi dalam sikap hidup anda perlahan akan membawa anda kepada gerbang kesuksesan yang tidak ada batasnya. Tanpa sadar, impian-impian kecil anda akan terwujud satu per satu dalam rangka mewujudkan impian besar tersebut.

Mau bekerja keras dan cerdas

Sering orang berkata, “Work smart, not work hard.” Anda perlu menyadari bahwa kutipan tersebut mengandung pilihan. Pertanyaannya, mengapa kita harus memilih kalau kita bisa melakukan keduanya dan mengharapkan hasil yang luar biasa? Bekerja secara keras dan cerdas adalah ciri mutlak yang akan sukses di masa depan mereka. Orang akan sering berpikir, dengan usaha yang kecil akan menghasilkan hasil yang besar. Bagaimana kalau usaha tersebut kita besarkan, lalu akan menghasilkan hal yang jauh lebih besar lagi? Itulah mengapa kerja keras dan kerja cerdas saja tidak cukup, keduanya memang perlu dikombinasikan. Ketahuilah cara kerja yang paling efektif untuk menuju kesuksesan anda, kemudian bekerja keraslah pada usaha itu hingga anda merasa terbiasa dengan pola ini.

Jarang mengeluh

Berbagai penelitian menyimpulkan bahwa sebuah keluh kesah yang disampaikan seorang kepada orang lain barangkali memang meringankan beban mereka. Namun tahukah anda bila kita sering sekali mengeluh, beban yang kita hadapi tersebut justru akan semakin berat? Di sisi lain keluhan dapat membawa aura negatif bagi yang mendengarkan. Hal itulah yang membuat orang lain tidak nyaman mendengarkan keluhan Anda. Karena itu, sebelum mengeluh, pikirkan terlebih dulu apakah hal yang ingin Anda keluhkan itu membutuhkan solusi atau tidak. Orang yang akan sukses biasanya terlihat tegar ketika sedang mengalami hal yang berat dalam hidupnya. Anda yang akan sukses biasanya memgan mampu mengelola beban hidupnya tanpa harus banyak mengumbar keluhan sana sini.

Optimis dalam melihat hambatan

Dengan optimis, berarti anda selalu memiliki harapan untuk tetap maju dan bertahan sesulit apapun keadaannya. Anda bisa menanamkan kebiasaan optimis dengan cara mendisplinkan diri untuk hanya memikirkan dan membicarakan apa yang anda inginkan, dan menjauhkan pikiran serta perkataan dari apa yang tidak anda inginkan. Anda bisa menjadi orang yang optimis, dengan terus menerus memikirkan aksi-aksi apa yang bisa segera dilakukan, agar semua target penting bisa tercapai. Semakin sibuk anda mengejar target, semakin berenergi dan antusias anda. Jadi bisa dikatakan bahwa sikap optimis itu adalah bahan bakar yang menggerakkan anda untuk konsisten meraih target yang anda tetapkan.

Berkomunikasi dengan baik

Menurut berbagai survei, sekitar 85% persen dari kesuksesan dalam hidup berkaitan secara langsung dengan kemampuan berkomunikasi dan keterampilan membina hubungan. Hal ini bisa berarti anda sangat menghormati lawan bicara anda dengan bertutur kata yang sopan, kontak mata, tersenyum, tidak ragu memuji, memberikan motivasi, dan sebagainya. Bahwasanya berhubungan dengan orang adalah sebuah investasi bagi kesuksesan anda kelak. Bagaimanapun juga orang sukses biasanya memang memiliki hubungan kerjasama yang baik dengan pihak lain. Dia tidak benar-benar berdiri sendiri, artinya dia berhasil membangun lingkungan yang mendukung untuk mengembangkan kesuksesan dirinya.

Tidak pernah berhenti belajar

Ada pepatah mengatakan ‘Stop learning, stop growing.’ Ya, ketika anda berhenti untuk belajar, anda telah berhenti bertumbuh. Menyedihkan bukan? Ciri-ciri yang satu ini biasanya ada pada diri orang yang akan sukses. Anda tidak akan pernah berhenti belajar, selalu tidak ada kata puas dalam menambah khazanah pengetahuan anda mengenai banyak hal, terutama apa yang menjadi pekerjaan atau bisnis anda saat ini. Lantas bagaimana ciri ini dapat diwujudkan dalam kehidupan sehari-hari? Anda bisa melakukan banyak sekali hal untuk dapat terus belajar, misalnya: membaca buku, membaca situs-situs internet tertentu, berdialog dengan orang yang lebih mengetahui, serta mencatat segala macam pengetahuan baru yang anda dapatkan. Orang-orang yang akan sukses biasanya memiliki pengetahuan yang cukup banyak dan minat yang besar untuk terus menambahkan itu semua.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

3 Teori sukses

Apa sih luar biasanya NCPlus???

Rahasia sukses